Cara Mudah Apply Visa Jepang, How?

Hai semua…

Kebetulan banget nih aku baru balik dari Jepang, nah mumpung masih fresh aku masu sharing-sharing perjalanan dadakan aku, suami, dan mama kemarin. Sebelum sharing tentang trip kita dari Tokyo – Kyoto – Osaka – Tokyo, mari kita siapkan dulu persiapan perangnya apalagi kalau bukan VISA.

Ngomong-ngomong VISA, ini adalah pengalaman kedua aku membuat Visa setelah Visa Korea Selatan. Menurutku pribadi, proses pembuatan Visa Jepang ini cukup mudah dan tidak susah, hanya butuh sedikit usaha dan waktu saja :star:

Postingan aku ini merupakan langkah pembuatan passport biasa (bukan e-Passport) karena aku belum sempat buat ngurus e-passport, dan selain itu sayang passportnya masih mulus baru ganti yang baru so here we go~~~

SEBETULNYA ADA BANYAK JENIS-JENIS VISA UNTUK MELAKUKAN KUNJUNGAN KE JEPANG, SEPERTI VISA KUNJUNGAN sementara, VISA kunjungan berkali-kali, VISA khusus (pelajar/bisnis), visa transit DAN VISA single entry untuk travel agent. OKE, DARI SEKIAN BANYAK JENIS VISA INI, KITA AKAN BAHAS YanG pertama, VISA KUNJUNGAN sementara untuk liburan dengan biaya sendiri. KARENA TUJUAN AKU LIBURAN JADI AKU HANYA AKAN MEMBAHAS VISA JENIS INI YA.

Sesuai dengan berita di website kedutaan Jepang maka per tanggal 15 September 2017 semua proses pengajuan Visa Jepang ( Visa Sticker ) akan di lakukan melalui Japan Visa Application Centre (JVAC) yang beralamat di Lotte Shopping Avenue 4F, Unit No.33 Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 3-5, Jakarta Selatan

Jadi sekarang ngurus visa nggak semua dilakukan di Kedutaan Besar Jepang, karena:

Kebijakan Baru Saat Ini Kedubes Jepang hanya melayani

  • Pendaftaran bebas visa bagi pemilik paspor elektronik
  • Pengurusan visa diplomatik
  • Pengurusan visa dinas
  • Pengurusan transfer visa dari paspor lama ke paspor baru
  • Penerbitan visa untuk kejadian darurat kemanusiaan

So…kalau kita passport biasa dan mau ngedapetin sticker visa, kita bisa apply di JVAC. Dan karena kebanyakan traveler dari Indonesia pergi ke Jepang dengan visa kunjungan sementara untuk berlibur, maka visa yang akan dipakai adalah jenis “Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Wisata dengan Biaya Sendiri”.

Persyaratan Visa Jepang

  1. Paspor yang masih berlaku, kalau bisa masih berlaku lebih dari 6 Bulan. Kalau passport kamu baru dan masih bersih a.k.a kosong kayak punya aku kemarin, lampirkan juga passport lama kamu
  2. Formulir permohonan visa yang dan ditempel Pas foto terbaru
  3. Pas foto terbaru (ukuran 4,5 X 4,5 cm, harus diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, harus jelas dan tidak buram). Gunakan background PUTIH seperti apply visa ke Korea saja.
  4. Foto kopi KTP (atau Surat Keterangan Domisili)
  5. Bukti pemesanan atau booking tiket pesawat (dokumen ini HARUS ada untuk dapat membuktikan tanggal kamu masuk – keluar Jepang). Nah kalian bisa juga cek di Traveloka atau di AirAsia terbang dengan AirAsia ke Jepang mulai dari 1,8 juta hingga 3 jutaan lho.
  6. Jadwal Perjalanan (itinerary), buat yang garis besarnya saja seperti mau ke kota apa saja, beserta tanggal detailnya. (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang). Nanti aku lampirkan contoh itinerary yang aku buat.
  7. Bukti pemesanan atau booking penginapan (dokumen ini HARUS ada untuk dapat membuktikan kamu beneran akan stay dimana saja di Jepang nanti). Nah strateginya biar cepat bisa apply visa kalian bisa booking hotel dulu di Booking.com nah kalian pilih saja hotel yang ada keterangan FREE Cancel Booking untuk kalian print bukti bookingnya, dan alamatnya bisa kalian input di itinerary sementara kalian. Setelah visa approve kalian bisa cancel dan cari lagi penginapan yang sesuai budget dan lokasi kalian mau (Jangan lupa expired cancelnya ya, atau kalian bisa kena biaya cancel)
  8. Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (hanya bila yang apply visa masih mahasiswa)
  9. Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti kartu keluarga, akta lahir, dll. Saya, suami dan Ibu saya kita semua melampirkan KK dan Akta Lahir. Ini akan diperlukan bila pemohon visa jepang lebih dari satu, seperti suami membawa istri, membawa anak, atau seperti saya membawa orang tua saya. Dan buatkan juga surat kuasa atau keterangan membawa keluarga, contoh dokumen di bawah.
  10. Dokumen pendukung dari perusahaan bagi yang sudah bekerja (surat referensi dari perusahaan) -> Employment Certificate
  11. Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan:
    • Bila pihak Pemohon yang bertanggung jawab atas biaya. Dalam hal ini bisa berupa fotokopi bukti keuangan seperti rekening Koran atau buku tabungan. Minimal 3 bulan terakhir.
    • Bila penanggung jawab biaya perjalanan ke Jepang bukan pemohon. Misalnya penanggung jawab biaya adalah ayah atau ibu, maka kalian harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya perjalanan) termasuk surat kuasa dari Ayah atau Ibu yang membiayai perjalanan kalian. Mengenai berapa jumlah rekening yang harus ada di tabungan normalnya adalah minimal IDR 1.000.000 /hari dikalikan masa tinggal kita di Jepang

Download Aplikasi Formulir Visa Jepang

Reference (Contoh Surat Referensi untuk membawa orang tua)

Contoh Pengisian Form Aplikasi Visa:

Contoh Itinerary untuk apply visa: download softfile

Contoh surat referensi perusahan untuk apply visa: download softfile
Untuk make sure berkas yang kalian sudah siapkan lengkap atau belum, coba isi ceklist file dibawah ini, jadi berkas yang sudah kalian siapkan di ceklist di file ini agar kita tahu berkas mana yang belum dan yang sudah. Terus semua berkas disusun sesuai urutan ceklist ya. Nah kalian bisa download file Ceklist Berkas Apply Visa disini

Sekali lagi jangan lupa berkas disusun sesuai urutan yang ada di file ceklist berkas apply visa ya, dan dikasih klip, jangan di staples dan kertas yang digunakan untuk print berkas adalah A4 ya, jangan selain A4 apalagi beda-beda ukuran kertas untuk satu berkas.

Biaya Pembuatan Visa Jepang 2017

Biaya Visa Jepang (per 15 September 2017):
Harga Lama Harga Baru
    1.Visa Single Entry Rp 320,000,- Rp 370,000,-
    2.Visa Multiple Entry Rp 700,000,- Rp 740,000,-
    3.Visa Transit Rp 80,000,- Rp 90,000,-

Biaya Pengurusan Visa Jepang di JVAC

  • Aplikasi Visa Rp 155.000,- per-orang
  • Pra-Pendaftaran untuk bebas visa pemegang paspor elektronik Rp 155.000,- per-orang

Jadi kalau kamu apply visa lewat JVAC untuk Visa Single Entry totalnya
Rp 370.000 + Rp 155.000 =  Rp 525.000 / orang

Pengajuan Visa Jepang tidak akan diterima, apabila seluruh atau sebagian persyaratan tidak bisa dipenuhi (eg : kurang lengkap, atau tidak ada).

Namun apabila dokumen kamu sudah diproses, dan kemudian diperlukan dokumen pendukung lainnya maka pemohon visa akan dihubungi lagi. Yang paling penting, pengajuan visa Jepang hanya akan diproses sesuai dengan wilayah yurisdiksi masing – masing, dan proses pembuatan visa minimal akan memakan waktu sekitar 5 hari kerja. Waktu aku kemarin apply cuma 3 hari termasuk hari aku menyerahkan berkas, apply hari Kamis nah hari senin aku sudah dapat konfirmasi berkas sudah dikembalikan dari kedubes ke JVAC. Hari selasa Mama ambil berkasnya dan Alhamdulillah semuanya di approve.

Langkah Membuat Visa Jepang di JVAC:

  1. Daftar secara online untuk perjanjian atau bisa datang lansung ke lokasi, karena kemarin malas nunggu lama jadi aku buat janji, jadi kita bisa pilih tanggal dan jamnya, terus kita datang 30 menit sebelum jadwal.
  2. Siapkan semua berkas dan pas foto
  3. Download file janji temu yang telah dibuat, lalu print dan lampirkan bersama berkas aplikasi
  4. Siapkan biaya pembuatan visa Jepang sesuai dengan visa yang dipilih (pembayaran bisa tunai, atau menggunakan kartu debit/kredit). Namun saat saya kesana ternyata mesin EDCnya rusak jadi harus tunai, ada baiknya kita siapin tunai aja, atau di depan JVAC ada mesin ATM Mandiri.
  5. Datang sesuai jadwal dengan membawa semua dokumen dan syarat pembuatan visa Jepang dan jangan sampai telat.
  6. Setelah pengajuan beres, aplikasi pengjuan visa Jepang akan diproses paling lambat 5 hari kerja. *nanti kita diinfokan lewat e-mail kalau passport bisa diambil di JVAC, bisa diambil bukan berarti lolos atau visanya di approve ya

Saat di JVAC kita akan ditawarin notif visa telah selesai lewat sms, kalau mau dapat notif sms dikenakan biaya Rp 30.000/sms notif aplikasi, karena lewat e-mail free jadi saya memilih notif lewat e-mail saja. *Lumayan bok 90.000 buat bertiga. Terus ditawarinnya juga pengiriman passport kalau sudah selesai ke rumah/alamat kita, per-passport kena 50.000 atau 150.000 gitu (agak lupa), ya kalaupun 150.000 bertiga juga agak nggak ikhlas, kemahalan kalau kata si Mamah, jadi akhirnya passport nanti diambil Mama aja.

Visa ke Jepang ini agak lebih manusiawi ketimbang Visa Korea. Kalau Visa Korea kita di reject kan uang kita hangus ya, kalau Visa Jepang di reject uang visa kita dikembalikan. Biaya visa aja ya, biaya admin JVAC nggak diganti.

JVAC (Japan Visa Application Centre) Pusat Aplikasi Visa Jepang

4F-33 Unit, 4th Floor, Lotte Shopping Avenue (Ciputra World 1), sebelah bisokop XXI
Jalan Prof. Dr. Satrio Kav 3 and 5 Karet Kuningan,
Setiabudi, Jakarta Selatan,Indonesia 12940

Lokasinya di Lantai 4 Lotte (sebelahan sama XXI)

Pengajuan Aplikasi Visa

09:00 – 13:00 (Untuk agen perjalanan)
09:00 – 17:00 (Untuk aplikan individu)
(Untuk menghindari waktu antrian yang lama, aku  sarankan untuk membuat janji temu sebelumnya jadi lebih cepat)
(Tutup pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional)

Pengambilan Paspor

10:00 – 13:00 (Untuk agen perjalanan)
10:00 – 15:00 (Untuk aplikan individu)
(Tutup pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional)

Oke semoga sharing tentang apply visa Jepang ini bisa bermanfaat ya buat kalian yang mau dan berniat pergi ke negri sakura. Aku sangat senang bila kalian mau meninggalkan komen untuk tulisan ini. Ohya, ditunggu ya untuk tulisan tentang jalan-jalan di Jepangnya.

Xoxo,

Cmietamagotchi

 

Leave a comment